Rusia jadi Sasaran Serangan Virus Wannacry

Negara Rusia merupakan salah satu negara yang paling banyak menjadi sasaran serangan Ransomware Wannacry.

Akan tetapi para ahli di Lab Kaspersky langsung bertindak cepat dengan menganalisis data untuk memastikan perlindungan data sistem milik perusahaan. Alhasil, setidaknya 45 ribu upaya infeksi di 74 negara berhasil dideteksi.

Kendati demikian, dari para ahli tersebut tetap menyarankan agar mengurangi resiko terinfeksi virus Wannacry.

Rusia jadi Sasaran Serangan Virus Wannacry

Ransomware Wannacry menginfeksi melalui toolkit yang disusupkan paraa hacker untuk mengunduh software enkripsi data. Jika Malware tersebut berhasil mengenkripsi file maka file tersebut langsung terkunci. Apabila ingi membukanya,si pengguna harus membayar uang tebusan berupa bitccoin untuk mengirimkan Key Encript.

Dengan memanfaatkan kerentanan pada microsoft windows, Ransomeware wannacry akan menginfeksi korban. Cara yang digunakan adalah dengan mengeksploitasi Eternal Blue. Cara ini tersedia di internet setelah aksi peretasan yang dilakukan oleh Shadowbrokers pada 14 April 2017 silam.

Untuk mencegah serangan virus Wannacry, ahli lab Kaspersky menghimbau untuk mengaktifkan sistem keamanan pada windows. Apabila menggunakan solusi Kaspersky, harus dipastikan untuk mengaktifkan fitur system Watcher. Baca juga Cara mencegah serangan Virus Wannacry.

Posting Komentar
Diberdayakan oleh Blogger.