Jangan panik! inilah Cara Paling Mudah Mencegah Virus Wannacry

Baru baru ini, dunia baru diguncang dengan adanya serangan hacker yang bernama Ransomware Wannacry. Selain negara-negara Eropa, Indonesia juga tak luput dari serangan ransomware ini.

Ransomware Wannacry merupakan Program spesifik yang menglock atau mengunci semua file yang terdapat pada perangkat komputer. Akan tetapi komputer hanya dapat membuka 2 program file yang berasala dari si hacker itu snediri. Kedua file tersebut yakni intruksi tentang apa yang harus dilakukan untuk membuka file dalam komputer dan porgram wannacry itu sendiri.

Cara Paling Mudah Mencegah Virus Wannacry

Berdasarkan informasi dari pihak Kemkominfo, di Indonesia sudah terdapat 2 instansi rumah sakit yang  terkena serangan malware Wannacry. Yakni jaringan komputer rumah sakit Dharmais dan rumah sakit Harapan Kita.

Lalu bagaimanan Virus Wannacry bekerja?
Virus Wannacry bekerja saat program itu dibuka, komputer akan ada peringatan, kalau file yang tterdapat di dalam komputer telah dikunci atau terencrypt. Apabila ingi membukanya, si penguna harus membayar tebusan berupa pembayaran Bitcoin.

Dan apabila tidak segera membayar, maka file yang ada dalam komputer tersebut akan segera dihapus dari hardisk komputer.

Lalu bagaimana caranya agar komputer kita terhindar dari serangan virus Wannacry ini?
Jangan khawatir, pada artikel ini saya akan sedikit berbagi tips tentang bagamana cara yang tepat untuk mencegah serangan virus Wannacry.

1. Backup semua Data
Langkah ini merupakan langkah yang bijak agar file yang ada pada komputer ini terhindar dari serangan virus Wannacry. Dengan melakukan backup data ke Hardisk yang beda, seandainya komputer kita terkena virus Wannacry, kita tinggal memformat atau install ulang pada windows komputer kita. Kemudian backupan data yang tadi dapat kita copi kembali. Mudah kan....

2. Curigai Email Masuk 
Langkah selanjutnya unruk menghindari serangan virus Wannacry adalah dengan mencurigai adanya email masuk yang tak kita kenal. Pasalnya Virus Wannacry datanya dari link/ tautan yang dikirim oleh si hacker melalui email. Dengan kita mengkliknya, itu artinya kita sudah terjebak oleh kiriman Virus Wannacry.

3. Pasang Anti Virus Yang Terupdate
Dengan memasang antivirus yang paling update, maka komputer kita akan sedikit terlindungi dari serangan virus dan juga dapat mendeteksi adanya malware yang masuk ke komputer kita. Sehingga komputer kita akan menjadi lebih aman dari serangan virus Wannacry.

4. Cabut Sambungan Internet
Langkah yang selanjutnya agar terhindar dari serangan virus Wannacry adalah dengan mencabut semua sambungan internet dari komputer kita. Kalau komputer atau laptop kita tidak tersambung dengan internet, kemungkinan untuk terkena serangan virus Wannacry akan terhindari. Hal ini dikarenakan, virus Wannacry berasal dari media internet, entah itu dari Email, atau unduhan saat kita mendownload file dari internet.

5. Jangan Bayar Tebusan
Jika komputer kita benar-benar terserang virus Wannacry, langkah yang tepat adalah jangan pernah mau membayar uang tebusan kepada si Hacker. Pasalnya jika kita benar-benar membayar tebusan, hal ini tidak akan menjamin komputer kita dapat dibuka kembali. Hal ini terbukti di mana ada korban yang sudah membayar uang tebusan, akan tetapi key decript juga tidak dikirim oleh si Hacker.

Itulah sedikit tips dari saya, mengenai bagaimana caranya mencegah serangan virus Wannacry. Tapi ingat, dalam dunia digital tidak ada yang namanya keamanan yang absolut. Jadi kewaspadaan dan kehati-hatian sipengguna memegang peranan penting agar komputer terhindar dari serangan virus Ransomware.


Diberdayakan oleh Blogger.