Harddisk Tiba- tiba Macet Saat Loading Windos Sistem

Harddisk Tiba- tiba Macet Saat Loading Windos Sistem, terus menampilkan pesan seperti berikut ini:
verifying dmi pool data. 
Harddisk Tiba- tiba Macet Saat Loading Windos Sistem

setelah itu booting tidak berhasil malah computer jadi hang
penampilan diatas dapat di sebabkan oleh banyak faktor seperti berikut ini:
1. boot files corrupt atau ada yang terhapus.
2. settingan drive harddisk yang salah.
3. piranti boot tak di set dengan benar.
4. settingan BIOS tak normal.
5. koneksi dengan harddisk terputus atau hilang.
6. harddisk sudah rusak atau rusaknya hardware yang lain.

Untuk mengatasi hal di atas berikut sedikit solusi yang tepat  dari saya, yang mana ddapat dijadikan solusi terbaik dalam mengatasi komputer yang tiba-tiba hang:


1. Boot files corrupt atau ada yang terhapus. bila itu yang berlangsung kerjakan sebagian langkah seperti berikut :
 - Seting booting dari floopy kemudian masukkan bootable disk. pastikan bahwa disket itu sudah di buat dengan memakai versus system operasi yang sama juga dengan yang terpasang di dalam computer.

- Setelah sistem sedang proses booting melalui disket sukses, pada drive A : ketikan " sys c : " kemudian tekan enter. bila perintah dieksekusi dengan benar oleh system akan menampilkan pesan
" File sistem transferred ". 
- Kemudian pindahkan disket kemudian lakukan boot lagi.
- Bila dengan cara di atas masih belum dapat booting, lakukan kembali booting ulang dari floopy kemudian masukkan boot disk.
- pada prompt A:\> saat " fdisk/mbr " lalu tekan enter. perintah itu dipakai untuk mempartisi kembali master boot record harddisk. kemudian pindahkan disket serta boot lagi.
sebagai catatan, perintah-perintah di atas cuma berlaku untuk pemakaian system operasi yang berbasis Microsoft windows.

2. Setting drive harddisk salah. 
Computer berhenti ketika sistem load windows lalu muncul pesan " verifying dmi pool data..... " hal semacam ini mungkin saja juga dikarenakan oleh settingan harddisk dengan CMOS yg tidak pas. coba untuk masuk di CMOS (BIOS) serta yakinkan apakah harddisk telah di set dengan benar. bila perlu lakukan seting kembali sistem Auto Detect.

3. Boot Device tidak benar. 
Yakinkan tidak ada cd atau yang terdapat pada cpu, yang mungkin saja dapat mengakibatkan computer anda booting dari cd atau disket. Jika tak ada cd atau disket dalam cpu serta tetap masih hang kami menyarankan mengeset floopy di boot first boot device, harddisk second boot device, cdroom third boot device.

4. Settingan BIOS yang tak normal. 
Bila itu yang terjadi, coba untuk melakukan penyettingan lagi  pada BIOS ke setingan default dari perusahaan.

5. Koneksi dengan harddisk terputus atau hilang. 
Bila ada hardware dari computer anda yang dilepaskan atau baru dipasang kadang-kadang hardware itu jadi tak terdeteksi. yakinkan kabel dari atau ke cd rom dan harddisk terpasang dengan benar.

6. harddisk sudah rusak atau rusaknya hardware yang lain.

Yang dapat menyebabkan rusaknya Harddisk antara lain :
Suhu Harddisk Terlampau Panas. 
 Suhu sangatlah punya pengaruh pada keberlangsungan umur HarDisk. Bila panasnya terlampau tinggi, pembacaan data pada HarDisk bakal kacau. sehingga menyebabkan umur HarDisk akan menjadi lebih pendek.
Guncangan CPU 
 Guncangan keras pada CPU dapat meyebabkan rusaknya fisik HarDisk . Ketika bekerja head HarDisk mengambang diatas permukaan piringan. Guncangan atau benturan bakal menyebakan head HarDisk menyentuh bagian-bagian magnetik disk. Walau sebenarnya ketika itu disk sedang berputar dalam kondisi cepat. Mengakibatkan jalur pada daerah FAT atau directory bakal rusak
Sering melakukan ON/OFF secara Paksa. 
 Ketika harddisk tengah bekerja atau masih tetap bekerja, lalu mendadak tombol power segera dicabut, menjadikan posisi head hardisk berada pada posisi yang asal, hal ini dapat mengakibatkan harddisk jadi tak awet alias cepat rusak. 



Diberdayakan oleh Blogger.