Cara Test Power Suply Komputer Yang Masih Bagus Atau Tidak

 Cara Test Power Suply Komputer Yang Masih Bagus Atau Tidak

Selamat malam semuanya malam ini saya akan mencoba sedikit berbagi ilimu tentang test power suply. Sambil menunggu nyalanya listrik yang hampir 3 hari ini saya tetep setia sharing tentang ilmu tentang Cara Test Power Suply Komputer Yang Masih Bagus Atau Tidak

Postingan ini sengaja saya bagikan kepada kalian semua karna memanglah saya pernah merasakannya saat praktik langsung( nyervis Komputer) Oprek-oprek computer, benerin jaringan, Install, dsb. Pasti saya temukan beragam beberapa masalah yang pernah saya hadapi, satu diantaranya computer mati keseluruhan.

Mungkin saja anda juga pernah alami computer anda mati keseluruhan. Computer mati keseluruhan bila anda menghimpit powernya computer tak menyala atau hidup sekalipun. Kemungkinannya ada dua permasalahan.
Bila computer saat dinyalakan terus tak hidup serta terus mati, kemungkinan yang berlangsung yaitu :

Kabel power putus atau bahkan juga saluran listriknya putus.
Power Supply alami rusaknya, dapat drop (nyala sebentar selalu mati) serta dapat mati keseluruhan.

Lantas bagaimana caranya mengecek power suply masih tetap hidup, mati atau rusak?
Naah.. pada tulisan ini saya akan ngasih tau langkah mengecek power suply dengan benar. Power suply yang akan saya bicarakan adalah type power supply ATX.

Cara Test Power Suply Komputer Yang Masih Bagus Atau Tidak

Siapkan power supply yang bakal dicek

Siapkan clip kertas yang sudah diluruskan


Mencari kabel yang berwarna hijau serta hitam, lalu sambungkan dengan memakai klip kertas itu. Untuk lebih detilnya, silahkan dapat saksikan gambar di bawah :


Colokkan kabel powernya ke listrik.
Perhatika kipas Power Supply, bila berputar itu tandanyaPower Supply masih hidup.

Walau demikian Kipas Power Supply berputar belum pasti menandakan  bahwa power supply itu bagus, lantaran terdapat beberapa masalah power supply ATX itu alami arus/daya drop hingga saat disambungkan ke mainboard serta di bebani dengan harddisk, Computer terus tak nyala/mati namun keadaan fan masih tetap berputar. Keadaan inilah yang diberi nama Power Supply Ngedrop.

Tanda-tanda power supply yang drop /rusak:

1. Computer kerap Hang sendiri.
2. USB port jadi tak berperan.
3. Terkadang computer restart sendiri.
4. Computer nyala tampak di monitor namun harddisk tak terdeteksi di BIOS.

Mudah banget kan Cara Test Power Suply Komputer Yang Masih Bagus Atau Tidak? hehe.. sekian langkah mengecek power supply, semoga berguna dan lampunya PLN cepet Nyala........

Diberdayakan oleh Blogger.